.

Sharing File Dengan HFS (HTTP File Server)

HTTP File Server atau yang disingkat menjadi HFS adalah sebuah program khusus untuk file sharing antar komputer yang memanfaatkan jalur HTTP. HFS dirilis dengan lisensi gratis dan tidak perlu instalasi alias portabel. Jadi hanya dengan dua-kali klik mouse, HFS sudah berjalan dan bisa langsung dikonfigurasi dengan cepat tanpa perlu setting yang rumit. Dalam waktu kurang dari 5 menit pengguna langsung bisa membagi file-filenya melalui jaringan LAN maupun W-LAN anda bisa download aplikasinya disini . 
Cara mengakses file-file yang di-sharing melalui HFS pun sangat mudah, tinggalkan cara kuno yang dimana masih menyamakan nama Workgroup antar sistem. Cukup buka web browser apa aja (Mozilla Firefox atau Windows Internet Explorer) lalu ketik alamat IP yang disediakan oleh HFS dan secara instant daftar file yang di-sharing langsung tampil dilayar. Untuk mengambil file yang di-sharing pun menggunakan proses download yang biasanya digunakan untuk download file dari website, hanya saja disini kecepatan download luar bisa kencang karena koneksi yang digunakan adalah jaringan lokal dengan kemampuan stream kabel LAN dan W-LAN. Jadi jangan kaget kalau kecepatan download bisa mencapai angka 5.500 KB/s [5,5 MB/s] (LAN) atau 1.500 KB/s [1,5 MB/s] (W-LAN) tergantung dari kestabilan dari masing-masing hardware.
Alat dan bahan yang diperlukan
1)      Kabel RJ 45 (Straigh – Croos)
2)      Perangkat PC ( 2 / lebih )
3)    Aplikasi HFS 

Oke setelah kita sudah siapkan alat - alat diatas berikut langkah kerjanya :

Di sini sebagai contoh saya asumsikan ada dua PC yang sudah tersambung dengan kabel RJ 45, pada PC 1 kita buka program HFS – klik menu – Add folder from disk, pilih folder mana yang akan di share jika sudah klik ok, maka akan keluar dialog sebagai berikut 

Bila ukuran folder besar kita pilih real folder begitupun sebaliknya jika ukuran folder kecil pilih virtual folder. 

Gambar di atas merupakan UI (user interface) dari HFS dan yang di tandai di dalam kotak merah merupakan file yang akan di sharing. Untuk PC ke-2 buka web browser apa saja (Mozilla Firefox atau Windows Internet Explorer) lalu ketik alamat IP yang disediakan oleh HFS dan secara instant daftar file yang di-sharing langsung tampil dilayar. Untuk mengambil file yang di-sharing pun menggunakan proses download yang biasanya digunakan untuk download file dari website, selain itu Disini HFS menyediakan opsi untuk upload dari client, tentukan folder untuk lokasi upload lalu centang opsi upload di menu klik kanan dan pilih Anyone. Pengguna bisa membuat account tersendiri bagi yang mau meng-akses ke HFS, jadi layaknya sebuah situs file sharing. Pembatasan kecepatan download maupun upload dapat dilimitasi pada HFS, biasanya hal ini untuk menghindari overload pada kapasitas bandwidth yang digunakan. Apalagi kalau membagi file-file film kelas HD yang ukurannya ratusan MB.

SHARE

Molen Motion

Seorang gamers yang masih mencari jati diri sedang menempuh kuliah di jurusan Teknik Informatika di Universitas swasta di cirebon jawa Barat .

  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: