.

Soal UTS Legislasi Profesi 1

   1.      A. Apa yang dimaksud dengan etika dan berasal dari bahasa apakah etika tersebut ?
   B. perbedaan etika deskriktit dengan etika normatif

   C. di dalam etika khusus kita bisa membagi menjadi etika individual dan etika sosial, menurut anda         manakah yang paling penting ? 
Jawab

A. etika adalah adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. Etika berasal dari bahasa yunani kuno “ethikos” yang berarti “timbul dari kebbiasaan” 

B. Etika Deskriptif, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang mau diambil.
Etika Normatif, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan

c.  etika individual dan etika sosial keduanya sangat penting karna tidak dapat dipisahkan satu sama lainya dengan tajam, karena kewajiban manusia terhadap diri sendiri dan sebagai anggota umat manusia saling berkaitan.

   2.       A. Apa yang dimaksud profesi
   B. sebutkan perbedaan profesi dan profesional
   C. Sebutkan ciri – ciri profesi
   D. peranan etika dalam profesi 

A. Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".

B. perbedaan profesi dan profesional
Profesi :
§            Mengandalkan suatu keterampilan atau keahlian khusus.
§            Dilaksanakan sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan utama (purna waktu).
§            Dilaksanakan sebagai sumber utama nafkah hidup.
§            Dilaksanakan dengan keterlibatan pribadi yang mendalam

Profesional :
§            Orang yang tahu akan keahlian dan keterampilannya.
§            Meluangkan seluruh waktunya untuk pekerjaan atau kegiatannya itu.
§            Hidup dari situ.
§            Bangga akan pekerjaannya.

C. Ciri – ciri profesi
·   Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
·   Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi
·   Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.

D. peran etika dalam profesi sebagai alat pengendali hati nurani /kode etik atau tidak, oleh karena itu etika disini merupakan pencerminan ilmiah dalam perilaku manusia dari sudut norma-norma baik dan buruk.

   3.       Mengapa kita membutuhkan kode etik profesi dalam bidang IT dan berikan contoh penerapan kode    etik tersebut dalam bidang pekerjaan / profesi dalam bidang IT ?

Dalam lingkup TI, kode etik profesinya memuat kajian ilmiah mengenai prinsip atau norma-norma dalam kaitan dengan hubungan antara professional atau developer TI dengan klien, antara para professional sendiri, antara organisasi profesi serta organisasi profesi dengan pemerintah. Salah satu bentuk hubungan seorang profesional dengan klien (pengguna jasa) misalnya pembuatan sebuah program aplikasi.
Seorang profesional tidak dapat membuat program semaunya, ada beberapa hal yang harus ia perhatikan seperti untuk apa program tersebut nantinya digunakan oleh kliennya atau user dapat menjamin keamanan (security) sistem kerja program aplikasi tersebut dari pihak-pihak yang dapat mengacaukan sistem kerjanya (misalnya: hacker, cracker, dll).
   4.    Jelaskan mengapa anda perlu mempelajari mata kuliah etika profesi tersebut dan apa kaitanya mata     kuliah etika profesi dengan legislasi profesi ?

       Tujuan kita menerapkan atau mempelajari etika itu sendiri ialah :

  1. Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruknya perilaku           atau tindakan manusia dalam ruang dan waktu tertentu.

  2. Mengarahkan perkembangan masyarakat menuju suasana yang harmonis, tertib, teratur,         damai dan sejahtera.

  3. Mengajak orang bersikap kritis dan rasional dalam mengambil keputusan secara otonom.

  4. Etika merupakan sarana yang memberi orientasi pada hidup manusia.

  5. Untuk memiliki kedalaman sikap; untuk memiliki kemandirian dan tanggung jawab                     terhadap hidupnya.

  6. Mengantar manusia pada bagaimana menjadi baik.

   5.       Sebutkan sejarah perkembangan ilmu etika profesi baik di dunia maupun indonesia secara umum

        sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Tanpa etika profesi, apa yang semual dikenal sebagai sebuah profesi yang terhormat akan segera jatuh terdegradasi menjadi sebuah pekerjaan pencarian nafkah biasa (okupasi) yang sedikitpun tidak diwarnai dengan nilai-nilai idealisme dan ujung-ujungnya akan berakhir dengan tidak-adanya lagi respek maupun kepercayaan yang pantas diberikan kepada para elite profesional ini. 



SHARE

Molen Motion

Seorang gamers yang masih mencari jati diri sedang menempuh kuliah di jurusan Teknik Informatika di Universitas swasta di cirebon jawa Barat .

  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar